Jumat, 13 Maret 2015

"RUMAH HIJAU"

Pagi...!!"masih merem melek"
Seperti biasa sebelum aktifitas dimulai, buru-buru saya lari kedapur, membuka kotak lemari menilisik tempat
dimana istriku biasa menyimpan kopi dan gula. Rasanya kurang nikmat mengawali hari tanpa ngopi item dan
udud sebatang. Dispenser pun tak lupa saya nyalakan, sambil menunggu lampu warna hijau menyala (sudah panas artinya tuh, bukan jalan ya), iseng-iseng saya browsing soal tanaman organik yang bisa ditanam pekarangan rumah. Lumayan, selain bisa dikonsumsi langsung, ternyata sayuran organik membawa seribu manfaat. Salah satunya sayuran organik bebas dari zat senyawa kimia berbahaya bagi tubuh.


Ternyata membuat pekarangan rumah dengan dipenuhi sayuran organik tidaklah sesulit yang saya bayangkan, anda tinggal menyiapkan media tanam dan benih sayuran apa saja yang ingin anda tanam. Hampir semua jenis sayuran yang sering kita konsumsi  bisa kita tanam. Anda juga tidak perlu repot untuk mencari tanah, anda bisa mendapatkan tanah yang sudah mempunyai komposisi organik di toko-toko pertanian organik. Pokoknya tidak sulitlah. Intinya anda harus mempunyai niat yang menggebu-gebu untuk mewujudkan taman pekarangan rumah yang dipenuhi sayuran organik. Cobalah untk mencoba alternatif tempat tanam sayuran organik (ini sih trik saya untuk tidak terlalu mengeluarkan banyak uang dengan membeli pot plastik) ya, itung sedikit keterampilan tanganlah... hehehe.. Kita bisa menggunakan botol minuman plastik sebagai tempat media tanamnya, atau anda bisa memilih polybag sebagai media tanamnya.Selamat mengumpulkan niat (tanpa niat anda tidak akan tergerak sama sekali untuk mewujudkannya).... hehehehhe
Catatankaki: 
saya akan berikan artikel-artikel menarik bagaimana membikin kompos sendiri dan cara merawat sayur-sayuran agar sayuran anda bisa tumbuh dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar